Adalah sebuah negara yang terletak di Asia Timur dengan Beijing sebagai ibukotanya. Negara ini memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia (sekitar 1,35 milyar jiwa) dan luas wilayah 9,69 juta kilometer persegi, menjadikannya Negara ke-4 terbesar di dunia. Sistem pemerintahaan China pada awalnya adalah kerajaan, yang lalu diganti menjadi Negara komunis, dan kemudian menjadi Negara sosialis.

China terletak di Asia Timur menghadap ke Samudera Pacifik dan bertetanggaan dengan berbagai Negara seperti Korea, Jepang, Mongolia, Rusia, Kazakstan, Kyrgyzstan, Pakistan, Afghanistan, laos, India, Burma, Nepal dan Bhutan. China memiliki empat musim setiap tahunnya. Musim dingin di China utara sangat dingin dan bersalju dengan suhu mencapai -30ºC, sedangkan musim panas mencapai 26ºC hingga 30ºC. Musim dingin di China selatan berkisar sekitar 12 hingga 15ºC dengan curah hujan yang cukup besar, sedangkan pada musim panas, suhu udara dapat mencapai hingga 38ºC.

China merupakan salah satu Negara tujuan para pelajar internasional yang sangat popular di Asia. Tahun lalu ada lebih dari 350.000 pelajar internasional dari Eropa, Amerika, Afrika, Timur Tengah dan Asia di berbagai universitas lokal dan internasional di China. 
 

study info in China

                                        1. Merupakan Negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia 
2. Banyaknya terdapat universitas kelas dunia, baik universitas nasional maupun internasional 
3. Banyaknya universitas asing top dunia yang membuka cabang di China dan menawarkan transfer ke kampus Negara asalnya 
4. Pelajar dapat menguasai bahasa terpenting di dunia yaitu Inggris, Perancis, Spanyol dan Mandarin jika memilih universitas asing. 
5. Memiliki wawasan dan pengalaman yang lebih melalui pendidikan Inggris atau Eropa di China 
6. Memperluas jaringan koneksi di dunia professional 
7. Pelajar dapat belajar langsung mengenal perekonomian China yang maju pesat        
Mata uang resmi China adalah Renminbi ¥. Satu Renminbi adala berkisar antara Rp 2000 hingga Rp 2200 rupiah.

Biaya hidup di China adalah seperti layaknya di Negara lain, tentulah bervariasi tergantung dari gaya hidup masing-masing pribadi. Untuk kebutuhan hidup sebulan di China termasuk akomodasi, makan, pulsa, dan transportasi adalah berkisar antara RMB¥3600 hingga RMB¥5000 per bulan. Untuk biaya lainnya seperti buku pelajaran, fotokopi, alat tulis, dan lain-lain berkisar RMB¥2000 pertahun.

Pada umumnya, biaya makan di kantin sekolah di seluruh China tidak ada banyak perbedaan. Adapun biaya makan di kantin adalah sekitar RMB¥10 hingga RMB¥20 untuk perkali makan atau sekitar Rp 20,000 hingga Rp 40,000 dengan porsi yang sangat mengenyangkan.

Hampir seluruh sekolah dan universitas di China memiliki asrama untuk pelajar internasional dengan fasilitas yang lengkap. Pelajar juga dapat memilih untuk tinggal diluar kampus dengan izin dari universitas dan mendaftar di kantor kepolisian setempat dalam waktu 24 jam kedatangan. Harga akomodasi asrama berkisar RMB¥1200 hingga RMB¥4000 per bulan sedangkan untuk akomodasi apartmen berkisar antara RMB¥4000 hingga RMB¥7000 perbulan diluar listrik air.

Transportasi di China tergolong maju seperti layaknya Negara-negara di Eropa maupun Jepang. Untuk transportasi dalam kota, umumnya dapat menggunakan subway, monorel, bus, tram dan taksi. Bahkan kini Shanghai tercatat memiliki Subway dengan jarak tempuh terpanjang mengalahkan subway Tokyo diurutan kedua, subway London di urutan ketiga dan diikuti oleh subway Beijing di urutan ke empat. Harga tiket subway bervariasi tergantung jarak berkisar antara RMB¥3 hingga RMB¥9. Sedangkan untuk bus umum berkisar antara RMB¥1 hingga RMB¥2. Pembayaran tiket dapat dilakukan oleh Transportation Smart card atau IC Card. Sedangkan transportasi antar kota dapat dilakukan dengan pesawat terbang dan Bullet Train/kereta cepat dengan harga yang sangat terjangkau.

CONTACT US