Terracotta Army, Pasukan Masa Lalu

Terdiri atas lebih dari 8,000 patung pasukan, 130 kereta kuda dengan 520 patung kuda, dan 150 patung kuda perang, Terracotta Army merupakan salah satu peninggalan bersejarah yang diakui dan dilindungi oleh UNESCO.

Bermula dari para penduduk lokal di daerah Xi’an, provinsi Shaanxi, China, yang ingin menggali sumur pada tahun 1974, puing-puing peninggalan Terracotta Army mulai ditemukan dan digali lebih dalam lagi. Sejak saat itu, penggalian mulai dilakukan dan daerah situs diamankan sehingga pencagaran puing-puing tersebut dapat dilakukan.

Berbagai artefak yang ditemukan di situs Terracotta Army cukup mengejutkan banyak arkeolog dan sejarawan di penjuru dunia. Mengapa terkejut? Pasalnya, penemuan artefak berupa patung seukuran aslinya ini merupakan hal baru di dataran China. Belum pernah sebelumnya ditemukan artefak patung seukuran manusia di China. Berbagai artefak yang ditemukan di China sejauh ini hanyalah artefak patung yang tidak lebih dari 20 centimeter.

Hal ini sempat memancing perdebatan dimana patung-patung Terracotta tersebut diasumsi memiliki campur tangan Kekaisaran Romawi pada pembuatannya, yang mana pada saat itu sedang dalam masa perluasan wilayah. Berbagai bukti empiris seperti DNA yang ditemukan di beberapa patung Terracotta memiliki unsur DNA yang dimiliki oleh DNA yang ditemukan di berbagai patung di Yunani dan berbagai daerah Eropa lainnya. Beberapa artefak Terracotta yang menggunakan bahan dasar tembaga juga memakai teknik waxing yang umum digunakan di Yunani dan Mesir sejak dulu.

Namun, tidak sedikit pula ilmuwan serta arkeolog yang menyanggah campur tangan budaya Eropa dalam pembuatan Terracotta Army, karena asumsi tersebut terlalu eurosentris, dimana kebudayaan lain tidak dapat berkembang tanpa campur tangan Eropa.

Bagaimanapun, entah ada atau tidaknya campur tangan kekaisaran Romawi, artefak-artefak yang diperuntukkan untuk menjaga makam Kaisar pertama China setelah penyatuan, yaitu Kaisar Qin, hingga saat ini masih belum seluruhnya digali karena membutuhkan waktu dan tenaga ekstra agar artefak tersebut tidak rusak. Siapa tau nih, kelak akan ada penemuan yang lebih menghebohkan lagi di situs Terracotta Army ini!

category

  • Destination
  • Institution
  • Major
  • Career Prospect