MALAYSIA

Malaysia merupakan negara di Asia Tenggara yang ibukotanya adalah Kuala Lumpur dan pemerintah federalnya berada di Putrajaya. Terdiri dari tiga belas negara bagian dan tiga teritori federal, Malaysia adalah negara terpadat ke-43 di dunia. Negara ini multietnis dan multibudaya. Sekitar setengah dari penduduknya beretnis Melayu, dengan minoritas Tionghoa, India, dan masyarakat adat. Bahasa Malaysia adalah bahasa nasional, sedangkan Bahasa Inggris adalah bahasa aktif kedua di negara tersebut. Perekonomian di Malaysia berkembang terutama di sektor ilmu pengetahuan, pariwisata, perdagangan dan pariwisata medis. Sementara itu, di bidang pendidikan, sistem sekolah umum multibahasa menyediakan pendidikan gratis bagi semua warga Malaysia. Sementara itu, sekolah internasional dan swasta biasanya memungut biaya sekolah.

Malaysia memiliki institusi pendidikan yang termasuk dalam 200 universitas terbaik di dunia. Beberapa universitas menawarkan kursus dalam ilmu komputer dan teknik yang termasuk dalam 100 kursus terbaik dunia. Mahasiswa internasional dapat memilih untuk mengambil program sertifikat, diploma, sarjana atau pascasarjana.

Mirip dengan kebanyakan negara di Asia Tenggara, Malaysia memiliki cuaca lembab sepanjang tahun dengan suhu harian rata-rata berkisar antara 210C hingga 320C. Dengan curah hujan tahunan sekitar 80 persen per tahun, musimnya meliputi:

  • Monsun Barat Daya (Mei hingga September)
  • Musim Timur Laut (November hingga Maret)
  • Kota-kota besar di Malaysia seperti Kuala Lumpur, George Town, Malaka, Kota Kinabalu, Kuching, dan Johor Baru.