Salah satu negara tujuan yang paling banyak diminati untuk melanjutkan kuliah dan studi adalah Australia yang dikarenakan letaknya sangat dekat dengan Indonesia. Australia memiliki mutu pendidikan yang berstandar internasional sehingga para lulusannya banyak yang diterima bekerja di berbagai perusahaan bergengsi, baik di Australia sendiri, negara lain, ataupun di dalam negeri. 

Ada berbagai keuntungan yang dapat diperoleh para pelajar internasional yang melanjutkan kuliah dan studi di Australia. Salah satu diantaranya adalah mereka dapat bekerja paruh waktu (part time) selama masa kuliah dan study in Australia. Jatah part time perminggu yang ditetapkan adalah  20 jam saat kuliah & 40 jam perminggu saat musim liburan. Berkat bekerja part time ini, mereka setidaknya dapat menambah uang saku selama kuliah di Australia.

 

study info in Australia

                                        1.	Universitas-universitas di Australia telah diakui secara internasional.
2.	Berkesempatan untuk bekerja part time hingga 40 jam tiap minggunya.
3.	Memberikan tingkat garansi yang tinggi terhadap kepastian kualitas dan reputasi internasionaldari lembaga pendidikan yang ada, serta perlindungan terhadap biaya pendidikan yang dibayar. Perlindungan ini berlaku bagi semua sektor pendidikan dan pelatihan yang ada di Australia.
4.	Negara multikultural yang aman & ramah terhadap kultur baru.
5.	Fasilitas modern & inovatif yang mendukung pembelajaran.
6.	Tenaga pendidik yang diperbolehkan mengajar hanyalah pakar yang tersertifikasi dalam bidangnya & telah mendapatkan penghargaan internasional.
7.	Jarak Australia yang dekat dengan Indonesia.
8.	Dapat mendaftar Post-graduate Working Visa Australia, dimana setelah lulus kuliah, memungkinkan untuk bekerja di Australia hingga 2 tahun.
9.	Berkesempatan untuk menjadi Permanent Resident di Australia setelah lulus kuliah nanti.        
Biaya hidup seperti layaknya di tempat lain, akan bervariasi sesuai dengan kota bertempat tinggal dan tentu saja gaya hidup masing-masing pribadi. Kota-kota besar seperti Sydney, Melbourne dan Brisbane misalnya, memiliki biaya hidup yang lebih besar dibandingkan kota lainnya. Rata-rata yang diperlukan oleh setiap pelajar umumnya berkisar antara AUD $2.000 hingga AUD $3.500 per bulan untuk kota besar dan AUD $1.500 hingga AUD $2.000 di kota kecil. Biaya sudah meliputi biaya akomodasi, makan, transportasi, telekomunikasi dan keperluan sehari-hari lainnya.

Tempat dan kenyamanan akomodasi memegang peranan penting dalam menentukan betah tidaknya Anda tinggal di Australia. Oleh karena itu, pemilihan akomodasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing pelajar merupakan salah satu hal utama yang perlu diperhatikan. Jenis-jenis akomodasi yang umumnya ditempati pelajar internasional di Australia adalah: 1. Akomodasi di dalam kampus (On Campus Accommodation) Banyak universitas yang memiliki asrama. Fasilitas asrama umumnya dilengkapi dengan tempat tidur, ruang belajar, kamar mandi, tempat mencuci pakaian, dapur, serta tempat berkumpul bersama. Sebagian besar asrama juga menyediakan makanan. Biaya akomodasi di dalam kampus rata-rata sekitar AUD 175- AUD 400 per minggu tergantung lokasi dan kelengkapan fasilitas. 2. Menyewa Apartemen atau Rumah Pelajar internasional dapat menyewa apartemen atau rumah. Besarnya uang sewa yang dibayarkan sangat beragam, sesuai dengan lokasi, luas, dan fasilitas yang tersedia. Banyak pelajar internasional menempati rumah atau apartemen bersama-sama (sharing). Biaya menyewa apartemen AUD 250 – AUD 550 per minggu. Biaya ini dapat dihemat dengan mengajak teman untuk tinggal bersama sehingga masing-masing penyewa hanya membayar setengah dari biaya tersebut. 3. Tinggal Bersama Keluarga Australia (Homestay) Homestay adalah salah satu cara yang paling efektif bagi pelajar internasional untuk melatih bahasa Inggris dan merupakan pengalaman yang baik untuk mengenal budaya dan adat istiadat Australia secara langsung. Tinggal dengan host family membuka banyak kesempatan berharga untuk melakukan percakapan dengan mereka. Anda dapat belajar lebih cepat karena Anda terus berpikir dan berbicara menggunakan bahasa Inggris dalam situasi – situasi yang amat praktis. Anda dapat memilih homestay yang termasuk makan atau hanya kamar saja. Untuk pelajar yang berumur di bawah 18 tahun biasanya dianjurkan untuk tinggal di homestay agar bisa mendapatkan pengawasan yang lebih dekat dengan peranan orang tua. Sebagai tamu homestay, Anda diharapkan dapat bersikap mandiri, saling menghormati dan mau bekerja sama. Biaya homestay berkisar antara AUD 175 – AUD 360 per minggu (termasuk makan pagi dan makan malam).

Australia memiliki sistem transportasi umum yang sangat baik dan luas, mencakup bis, kereta, kereta listrik, kapal feri, dan tram (untuk wilayah Melbourne, Adelaide dan pusat kota Sydney). Apabila Anda menggunakan kendaraan umum secara teratur, Anda dapat menghemat dengan membeli tiket yang bisa dipakai berkali-kali atau tiket multi-rider. Biaya taksi agak mahal di Australia dan pada malam hari ada biaya tambahan biaya. Pemegang visa pelajar yang berlaku 12 bulan atau lebih diizinkan untuk mengendarai kendaraan di Australia dengan menggunakan SIM Internasional atau SIM Indonesia selama tiga (3) bulan sejak kedatangannya. Setelah batas waktu tiga (3) bulan, pelajar diharuskan untuk menggunakan SIM Australia, yang dapat diperoleh setelah mengikuti tes tertulis mengenai peraturan di jalan raya dan melengkapi persyaratan lainnya. Pemegang visa pelajar yang masa berlakunya kurang dari 12 bulan boleh mengendarai kendaraan dengan SIM Internasional atau SIM yang masih berlaku dari Indonesia tanpa harus mengganti dengan SIM Australia.

CONTACT US