Actuarial Science

Ada yang bilang kalau kuliah jurusan Actuarial Science itu pasti cepet kaya. Waduh gimana ya Bridgers. Emang gak salah sih, cuma jangan langsung diterima mentah-mentah ya. Coba deh, check dulu seperti apa sih Actuarial Science itu.

Actuarial Science adalah sebuah ilmu tentang pengelolaan resiko keuangan yang merupakan kombinasi antara ilmu peluang, matematika, statistika, keuangan, dan program komputer. Dengan menggunakan berbagai kombinasi ilmu tersebut, Bridgers tidak hanya akan mengetahui berbagai kemungkinan resiko yang ada namun juga dapat menerapkan langsung penghitungan kemungkinan tersebut kedalam sistem program untuk meminimalisir resiko sebuah perusahaan di kemudian hari.

Module pelajaran yang umum dengan jurusan ini mencakup Statistik, Kalkulus, Matematika Finansial, Makro Ekonomi, Mikro Ekonomi, Prinsip Modeling Aktuaria, dan Teknologi Finansial. Beberapa Universitas TOP yang terletak di negara-negara persemakmuran Inggris telah terakreditasi oleh badan sertifikasi internasional sehingga Bridgers hanya perlu mendapatkan dan mempertahankan GPA di standard yang ditentukan untuk langsung mendapatkan sertifikasi tanpa perlu mengikuti ujian tahap awal Aktuaris karena sudah termasuk dalam module-nya.

Perlu Bridgers ketahui, besar kecilnya gaji ditentukan oleh seberapa banyak Bridgers memiliki sertifikasi aktuaria. Semakin banyak sertifikasi yang didapat, semakin besar pula gaji yang bisa Bridgers peroleh tiap tahunnya. Lulusan jurusan Actuarial Science di Universitas yang tidak terakreditasi akan memiliki gaji awal yang sangat jauh berbeda dengan Universitas yang memiliki akreditasi.

Tahukah Bridgers? Sebuah perusahaan finansial (Perbankan, asuransi, pensiunan, dll) tidak diijinkan untuk berdiri apabila tidak memiliki seorang Aktuaria. Demand untuk profesi ini sangat tinggi, namun sangat sedikit Aktuaria yang berkompeten dan benar-benar mengerti bidangnya karena di beberapa Universitas, murid-muridnya hanya mempelajari module finance atau statistik saja, tanpa benar-benar mendalami Actuarial Science.

Karena kompleksnya module jurusan Actuarial Science, lulusan jurusan ini memiliki bekal pengetahuan dan kemampuan yang luas, sehingga jenjang karir-nya tidak terbatas di Aktuaris saja namun juga bisa berkarir ke Data Analytic, Fintech, dan berbagai profesi lainnya yang mengandalkan pengolahan data dan sistem untuk menggali informasi.

Yuk kontak EduBridge, supaya Bridgers lebih mengerti info di Universitas mana aja sih, Actuarial Science lebih worth it untuk dipelajari!

category

  • Destination
  • Institution
  • Major
  • Career Prospect